Puasa Bisa Picu Regenerasi Sel-sel Kekebalan Tubuh

Ibadah puasa selain bermanfaat untuk kesehatan mental dari sisi kerohanian, dapat juga bermanfaat untuk kesehatan fisik. Hal ini telah dibuktikan oleh beragam studi seperti salah satunya yang dilakukan oleh para peneliti di University of Southern California (USC).

Dalam laporan di jurnal Cell Stem Cell 2014 para peneliti menemukan bahwa lewat puasa sel-sel punca untuk darah putih yang bertanggung jawab terhadap imunitas bisa didorong beregenerasi. Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan eksperimen pada tikus.

Dengan menerapkan pola diet puasa tidak makan selama 2-4 hari selama beberapa waktu dalam sebulan, sel-sel imun yang sudah rusak atau tua dipaksa untuk mati dan kemudian akan muncul sel baru.

"Ketika Anda kelaparan, sistem tubuh akan berusaha untuk menghemat energi dan salah satu caranya adalah dengan mendaur ulang sel-sel imun yang tidak dibutuhkan terutama yang rusak," kata salah satu peneliti, Valter Longo, seperti dikutip dari situs resmi universitas, USC News, Senin (29/5/2017).

Valter mendeskripsikan proses ini seperti pesawat yang membuang kargo berlebih untuk membuat terbangnya lebih ringan. Nah ketika puasa tubuh akan mencari cadangan energi dengan memhancurkan glukosa, lemak, ketone, dan sel darah putih.

Lebih jauh peneliti mengatakan dengan berpuasa enzim bernama PKA dan hormon IGF-1 juga akan berkurang. Enzim dan hormon tersebut dikaitkan menjadi sinyal pemicu untuk sel-sel tubuh mulai meregenerasi diri.

"Jadi bila sistem kekebalan tubuh Anda rusak parah karena kemoterapi atau penuaan, dengan berpuasa maka sistem kekebalan dapat beregenerasi menjadi seperti baru," pungkas Valter.

Publish:| 2017-05-30| 00:54:38 . Administrator|