Meski di Daerah Terpencil, Tenaga Medis Diharap Tetap Update Info Kesehatan

Seperti profesi lain, tenaga medis seperti dokter, bidan, perawat, dan tenaga medis di bidang farmasi membutuhkan pembaharuan pengetahuan di bidang kesehatan, terutama untuk mereka yang berada di daerah terpencil.

Dikatakan wakil menteri kesehatan Prof Dr Ali Ghufron Mukti tenaga medis di daerah terpencil dan sangat terpencil bisa mengikuti perkembangan isu, kebijakan, dan hasil teknologi mutakhir.

“Apalagi beberapa bulan lalu kemenkes mengirimkan sekitar 400 dokter di daerah terpencil dan sangat terpencil. Kami berharap meskipun di sana, para dokter ini tetap bisa update informasi di dunia kesehatan,” papar Prof Ali di sela-sela ‘Peluncuran Website Kesehatan dan Seminar Indonesia Univadis’ di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta, dan ditulis pada Jumat (23/5/2014).

 

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu sempat menjenguk para dokter/dokter gigi pegawai tidak tetap (PTT) yang diberangkatkan awal Mei lalu di Ambon. Dengan ditempatkannya mereka di daerah seperti itu, akses untuk informasi terbaru di dunia kesehatan sangat dibutuhkan.

“Mereka bilang di sini kami juga berusaha update informasi di dunia kesehatan pak lewat jurnal-jurnal, buku, atau website kesehatan,” kata Prof Ali mencontohkan.

Oleh karena itu, Prof Ali tetap menekankan supaya para dokter lebih teliti dan hati-hati dalam mengambil informasi, menganalisa, dan mengambil kesimpulan dari sumber-sumber yang mereka akses. Apalagi jika teknologi makin berkembang tak menutup kemungkinan bisa diterapkan sistem telemedicine yakni penggunaan telekomunikasi untuk memberi informasi dan layanan medis dalam jarak jauh.

Dalam kesempatan yang sama, Dr.dr.Dante Saksono Herbuwono, SpPD -KEMD dari divisi endokrinologi dan metabolik RSCM mengatakan dokter di Indonesia perlu mengembangkan pengetahuannya agar tidak ketinggalan dengan dokter-dokter di negara lain.

“Dokter Indonesia itu nggak kalah pintar kok sama dokter asing karena memiliki informasi yang sama, tinggal kita lebih rajin mengupdate pengetahuannya aja,” kata dr Dante.

Publish:| 2017-05-27| 05:39:36 . Administrator|